Selasa, 03 April 2012

Rangkuman Materi Ulangan


Materi Ulangan Kl. 8 C , D , E

1.3.1 TitleBar
Title bar atau bar judulterdapat pada bagian paling atas jendela internetexplorer. Pada bagian paling kiri, bar judul berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan di jendela internet explorer. Pada bagian sebelah kanan berisi kontrol untukjendela internet explorer yang terdiri dari tombol minimize, restore, dan close.

1.3.2 MenuBar
Istilah menu sudah tidak asing lagiyaitu daftar berbagai fungsi atau fasilitas yang disediakan. Di dalam jendela intenet explorer, daftar menuditempatkan pada menu bar. Masing-masingmenu memiliki fungsi yang berbeda sepertiFile, Edit, View, Favoriets, Tools,dan Help. Bagaimana mengatifkanfungsi-fungsi tersebut? Dengan sederhana kalian tunjuk ikon menu tersebut kemudianklik kanan dua kali.

1.3.3 Address Bar
Perhatikan gambar dan temukan Address bar! AddressBar atau baris alamat adalah kotak teks yang dapat Anda gunakan untuk menuliskan alamat website yangingin Anda kunjungi di jendela internet explorer. Address bar dilengkapi sebuah tombol pada bagian ujungkanannya berupa panah arah ke bawah yangapabila di-klik akan menampilkan beberapa alamat website yang pernah Anda kunjungi.
1.3.4 StatusBar
Status bar terdapat pada bagianbawah jendela internet explorer yangmenampilkan proses yang sedang terjadi pada saat browser memasuki sebuahhalaman web.
1.3.5 Task Pane
Taskpane adalah jendela kecilyang muncul dibagian kiri jendela browser apabila Anda meng-klik tombol Search, Favorites dan History. Bentuk tampilan task pane tersebut tergantung daritombol yang Anda klik.


1.4 Istilah-Istilahpada Internet
AgarAnda mudah mengikuti penjelajahan internet, Anda perlu memahami dengan baik istilah-istilahumum. Beberapa istilah internet yangumum digunakan adalah sebagai berikut.
1.4.1 Intranet
Intranet adalah jaringan yangrelatif lebih kecil yang biasanya dibangun dan dimiliki oleh sebuah organisasiuntuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di dalam organisasi tersebut.

1.4.2 Browser
Seperti dipaparkandi atas, browser atau webbrowser adalah program aplikasi yangdigunakan untuk mengakses internet, sepertiinternet explorer dan nascape navigator.

1.4.3HTML
HTML, kepanjangan dari Hyper Text Mark-upLanguage yaitu berupa kode-kode atauinstruksi yang digunakan untuk membuat halaman web. Dengan demikian, setiap halaman pada website terdiri atas sebuah file HTML (.htm). Untuk menampilkan file HTML Anda membutuhkan sebuah browser .

1.4.4 Server
Komputerserver atau sering disebut server adalah komputer indukyang memberi layanan kepada komputer lain yang disebut komputer client. Server berupaya untuk memberi atau memenuhi kebutuhancomputer client. Dengandemikian tugas sebuah server tentu sangat banyak sehingga komputer server harus mempunyai kemampuan yang lebih tinggidibanding komputer client. Bagaimanafungsi server dalam sistem internet? Di internet,komputer server berfungsi sebagai penyedia berbagai dokumen web yang dapat digunakan atau diaksesoleh komputer client.
1.4.5 Client
Komputerclient atau sering disebut client adalah komputer yang tergabungdalam sistem jaringan yang dapatdilayani oleh server. Komputer client tentu memiliki kemampuan yanglebih rendah dibanding dengan komputer server. Bagaimana komputer yang Anda gunakanuntuk mengakses internet apakah server atau client? Pada saat Anda mengakses internet,komputer Anda dapat disebut sebagaikomputer client karena komputerAnda menerima layanan dari komputer server milik websiteyang Anda kunjungi.

1.4.6 Bandwidth
Istilah bandwidth sering Anda dengar dalam dunia gelombang atau radio. Bandwidth digunakan sebagai ukuran kemampuan sebuahjaringan dalam menteransfer data pada jangka waktu tertentu. Satuan datadinyatakan dengan byte dan biasanya dengan ukuran kiloByte (KB) atau megabyte(MB). Dengan demikian satuan bandwidth adalah megabyte per second (MBps)atau kilobyte per second (KBps). Contoh, suatu transferdata diketahui 100 KBps artinya kecepatan transfer data sebesar 100 kilobytesetiap detiknya.

1.4.7 SearchEngine
Ditinjaudari pengertian setiap kata, searchadalah pencarian, dan engine adalahmesin, jadi search engine merupakanmesin pencari. Dalam konteks ini searchadalah sebuah program aplikasi di website tertentu yang Anda gunakan untuk mencari imformasi yang ada di internet. Search engine secara lebih lengkap akan dibahas secarakhusus pada materi selanjutnya.

1.4.8 URL (Uniform Resource Locator)
Sebuahlokasi dapat Anda akses apabilaAnda mengetahui alamat lokasi tersebut.Demikian halnya apabila Anda inginmemasuki sebuah situs maka Anda harusmengetahui alamat website tersebut.Penentuan suatu alamat tentunya tidak sembarangan namun mengikuti suatu caratertntu. Bagaimana alamat websiteditentukan? Untuk memberi nama alamat websitedigunakan suatu sistem yang dinamakan URL. Dengan demikian, alamat URLmerupakan alamat dari sebuah halaman web.

1.4.9 Website
Website merupakanlapisan-lapisan dari halaman web yangsaling memiliki keterkaitan. Website sering juga disebut dengan situs, situs web, site atau portal.

1.4.10 Homepage
Homepage adalah halamam web utama (induk) yang terdapat padasebuah Website . Homepage biasanyaberisi keterangan pembuka seperti ucapan selamat datang, beberapa ringkasan isiwebsite dan beberapa lirik bagian penting laindari tersebut. Homepage sering jugadigunakan untuk website pribadi dari seseorang sebagai istilah “rumah”dalam bentuk halaman web.

1.4.11 WebPage
Web Page merupakan istilahuntuk menyatakan halaman yang dirujuk (diacu) sebuah halaman web. Sebuah web page merupakan sebuah file HTML (.htm.)

1.4.12 Hypertext link (Hyperlink)
Link merupakan penyambung sebuah teks, gambar atautombol di halaman web yang digunakanuntuk mengakses halaman web atau file lain. Link di halaman web mempunyai tanda warna yang berbeda dan biasanya teks garisbawah. Untuk mengetahui sebuah teks merupakan link atau Anda lakukan dapat mendekatkan pointer mouse ke teks tersebut. Jikatanda pointer mouse berubah, (biasanyaberupa simbol telapak tangan) teks tersebut merupakan link .

1.4.13ISP (Internet Service Provider)
ISPadalah perusahaan yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke internet. Jika Anda ingin komputer Anda terhubung ke internet, Anda harusmenghubungkan komputer Anda ke sebuahISP.

1.4.14 Program Dial-up
Programdial-up adalah program yang terdapatdi komputer yang berfungsi untuk mengontrol modemdan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan internet (ISP).

1.4.15 Offline
Offline merupakan kondisi dimana koneksi komputer Anda ke internet dalam keadaan terputus.

1.4.16 Online
Online merupakan kondisi dimana koneksi komputer Anda ke internet dalam keadaan tersambung.

1.4.17 Login
Login adalah proses memasukisuatu sistem (aplikasi) seperti e-mail.Login yaitu saat Anda memasukkan user_ id dan passwordpada saat ingin membuka kotak surat e-mailAnda . Beberapa halaman web di Internet hanya dapat diakses oleh orangyang memiliki otoritas. Proses pengecekan otoritas tersebut dilakukan dengancara memasukkan user_id dan password.

1.4.18 Logout
Logout adalah kebalikan darilogin yaitu proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritaslogout dilakukan dengan menekan tombol atau teks link logout yang biasanyaterdapat dihalaman web. Logoutdiperlukan agar orang lain tidak dapat mengakses halaman tersebut.

1.4.19 Protocol
Protocol adalah aturan-aturanyang ada yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu. Misalnya di internet ada protocol untuk mengirimkan pesan ke komputer lain, protocoluntuk mengirimkan e-mail dansebagainya.

1.4.20 HTTP (Hyper Text Transfer Protokol)
HTTPadalah protocol yang digunakan untuk bertukarinformasi di internet komputerAnda dapat menerima file -file HTML dari sebuah server di internet dengan menggunakan protocol http.

1.4.21 POP (post office protocol)
Pop adalah protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail yang di simpan di server di internetatau sebuah ISP.

1.4.22 Download
Prosespengambilan file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang Anda gunakan (komputer client) disebut download.

1.4.23Upload
Upload adalah prosespenempatan file dari komputer Anda ke sebuah komputer server di internet. Upload merupakan kebalikan dari proses download.

1.4.24 Freeware
Freewatre adalah program yangditempatkan di internet dan dibagikansecara gratis sehingga setiap orang diperbolehkan men-download program tersebut.

1.4.25 Shareware
Shareware adalah programkomputer di internet yang dapatAnda downloadAnda gunakan dalam jangka waktu tertentu.Program komputer jenis ini biasanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentujika Anda ingin menggunakannya terus,Anda harus membelinya dengan caramembayar biaya pendaftaran.

1.4.26 GIF (Graphical Interchange Format)
Suatuformat file gambar gifmempunyai ukuran file yang kecil sehingga banyak digunakan sebagaiformat gambar yang ditempatkan di internet

1.4.27 JPEG (JointPhotographic Experts Group)
JPEG merupakan format file gambar yang banyak digunakan di Internet. File JPEG mempunyai ukuran yang kecil dan warna yang lebih banyakdibanding dengan GIF. Biasanya, JPEG digunakan untuk menampilkan gambar-gambaryang membutuhkan warna yang lebih banyak seperti foto-foto, sedangkan GIF digunakanuntuk menampilkan gambar dengan warna yang lebih sedikit, misalnya logo organisasi, gambar grafik dansebagainya.

1.4.28 SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidakdiinginkan seperti e-mail yangtidakpenting, e-mail berantai,iklandan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar