BAB V
Macromedia Flash 8
1.
Pengaturan Stage : dari menu
Modify à Klik Document
agar tampil kotak dialog document properties.
- Dimentions, untuk menentukan lebar (width) dan panjang (height)
pada stage
- Background
color, untuk menentukan warna latar belakan stage
- Frame
rate, untuk mengatur kecepatan frame
- Rule
units, untuk menentukan
satuan ukuran pada stage
- Klik OK untuk menjalankan perintah
document properties
2.
Ruler : Untuk
mempermudah dalam meletakkan objek pada
stage dengan ukuran dan bentuk yang
tepat.
3.
Guides : Untuk
mengoptimalkan penggunaan ruler dan menempatkan objek pada stage dengan posisi yang
tepat sesuai yang dikehendaki.
4.
Setiap objek selalu ada dua bagian :
Stroke
Color : menentukan warna garis tepi
/ outline.
Fill
Color : menentukan warna dasar
/ bagian dalam.
5.
Round Rectangle Radius pada toolsbox untuk membentuk sudut lengkung
pada sudut kotak.
6.
PolyStar : untuk
membuat ojek bentuk bintang dan objek segi banyak.
8. (Pen
tool) Untuk menggambar objek dengan cara
membuat titik-titik pada stage, titik-titik yang satu akan terhubung berupa
garis dengan titik yang lainnya dan akan membentuk suatu objek gambar.
9.
Tool(Free
Transform ) Untuk mengubah ukuran objek,
mengubah bentuk suatu objek dan memindahkan posisi objek.
Center
Point : untuk mengatur titik tengah
gradasi
Focal
Point :
untuk mengatur focal gradasi. Focal point hanya berlaku untuk
gradasi tipe radial
Width : untuk mengatur lebar
bidang gradasi
Size : untuk
mengatur ukuran bidang gradasi
Rotation : untuk memutar bidang
gradasi
12. Color Mixer : digunakan
untuk pengaturan warna gradasi pada
objek hingga 16 macam warna.
13. Untuk
mengaktifkan Color Mixer : Menu Window à Color
Mixer ( Shift + F9 )
15. Static Text adalah jenis teks statis atau tidak mengalami perubahan
pada saat dijalankan, akan tetapi tetap dapat dianimasikan.
16. Dynamic Text adalah jenis teks yang dapat berubah secara dinamis pada
saat dijalankan.
17. Input Text adalah jenis teks yang digunakan dalam proses input data
yang dikaitkan dengan perintah script tertentu.
18. Layer berfungsi untuk menampung objek dalam lembar kerja dan
setiap objek memiliki layer yang
berbeda.
19. Tool(Inser
layer) Untuk menambah layer
letaknya pada layer Timeline atau dapat pula menggunakan bar menu : Menu Insert à Timeline à Layer.
20. Nama layer secara
default adalah Layer 1, Layer 2, dst.,
Akan tetapi nama layer tersebut dapat diubah sesuai dengan keinginan kita,
tetapi alangkah baiknya apabila nama layer
itu sesuai dengan objeknya, cara mengubah : dobel pada Layer Name à ketik
ganti nama sesuai kebutuhan.
21. Cara
mengatur posisi Layer : men-drag mouse
pada layer yang akan dipindahkan
geser ke atas atau ke bawah sesuai dengan posisi yang diinginkan.
22.
Untuk menghapus layer dapa menggunakan ikon(delete
layer), dengan cara klik terlebih dahulu layer yang akan dihapus kemudian klik atau dengan cara meng-klik kanan layer kemudian pilih menu Delete
layer.
23. Show /
Hide Layer : untuk menampilkan atau menyembunyikan layer.
24. Lock /
Unlock Layer : untuk mengunci atau membuka Layer.
25. Folder
Layer : untuk mengelompokkan layer – layer
dengan tema animasi yang sejenis.
26. Untuk memasukan layer kedalam folder, pilihlah /
seleksi terlebih
dahulu layer-layer yang akan dimasukkan kedalam folder, drag mouse pada layer yang dipilih, geser
kearah folder, maka layer-layer tersebut sudah berada dalam folder-nya.
BAB III FUNGSI MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANIMASI
1. Menu File berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan file (berkas).
2. Menu View berisi perintah-perintah pengaturan layar tampilan.
3. Menu Insert berisi perintah-perintah untuk penyisipan,
4. Menu Modify berisi perintah-perintah untuk memodifikasi objek.
5. Menu Text berisi perintah-perintah pengaturan teks.
6. Menu Command berisi perintah-perintah pengendalian objek.
7. Menu Window berisi perintah-perintah menampilkan jendela panel dan jendela objek lainnya.
8. Open Recent : Membuka dokumen yang pernah diaktifkan
9. Import : Mengimport berbagai bentuk dokumen ke Flash
10. Export : Mengiriman dokumen dalam bentuk image dan movie
11. Paste In Center : Meletakkan hasil copy tepat di tengah stage
12. Paste In Place : Meletakkan hasil copy tepat ditengah-tengah objek
13. Magnivication : Memperkecil dan memperbesar tampilan sesuai dengan ukuran persen yang telah disediakan.
14. Rulers : Menampilkan rulers pada stage
15. Timeline : Menyisipkan jenis layer, jenis frame pada timeline
16. Start : Menjalankan hasil animasi
17. Rewind : Mengembalikan pada posisi start
18. Test Movie : Ctrl + Enter : Melakukan tes movie
19. Properties : Menampilkan jendela Properties
20. Library : Menampilkan jendela Library
21. Freetransform tool : Untuk memutar (rotate) objek yang kalian buat atau mengubah bentuk objek menjadi bentuk lain.
22. Lasso : Untuk memilih daerah di objek yang akan diedit
26. Current Frame : Posisi frame yang aktif
27. Frame Rate : Kecepatan rata-rata frame per second
28. Elapsed Time : Jumlah kecepatan waktu dari awal frame sampai dengan letak frame yang ditunjuk.
Tuhan Memberkati.
thx Pak..
BalasHapusSama sama : diingat-ingat juga langkah2 membuat mobil berjalan dari kanan ke kiri. Selamat belajar, kiranya Tuhan Memberkati.
HapusMakasih Pak (y)
BalasHapusSama - sama GBU
HapusTerima Kasih Pak Aris .. GBu ^^
BalasHapusjadi lebih ringkas... Makasih pak :D
BalasHapus